SMP/MTs : Biologi : Carta, Kartu dan Bioplastik
SD/MI
SMP/MSt

      Fisika

      Biologi

SMA/MA/SMK
LABORATORIUM BAHASA
PROMO

# # # #
# # # #
 
PENDIDIKAN 2013
 
# # # #
# # # #
 
 
# # # #
# # # #
 
 
# # # #
# # # #
 
 
# # # #
# # # #
 
 
# # # #
# # # #
 
 
# # # #
# # # #
 
 
# # # #
# # # #
 
 
# # # #
# # # #
 
 
# # # #
# # # #
  #   #
  #   #
# # # #
 
 
# # # #
# # # #
# # # #
 
 
# # # #

Link

Download Juknis & Brosur


Laboratory Instrument



Asosiasi Pengusaha Sarana Pendidikan Indonesia


 

 

PERAGA CARTA
Bahan Carta : kertas 135 gr/mm dengan laminasi/dilapisi vernis Uv. Ukuran Carta : ±70 x 100 cm, dicetak berwarna, berupa hasil foto atau desain grafis bukan lukisan tangan, menggambarkan struktur dengan bagian-bagian dan informasinya akurat. Keterangan bagian-bagian dan kedalamannya mengacu atau sesuai dengan kurikulum SMP yang berlaku saat ini, mencantumkan referensi yang digunakan  dicantumkan. Bagian atas dan bawah diberi lis dengan penggantung, skala  proposional dengan aslinya.

68.

Carta, Hukum Mendel
Persilangan monohibrid dan dihibrid (contoh pada tumbuhan), terlihat sifat-sifat dominan, intermediet dan resesif.

69.

Carta, Perkembangbiakan Tumbuhan Generatif
Menunjukkan penbuahan pada tumbuhan berbunga dan pertumbuhan biji sampai berkecambah membentuk siklus.
Pembuahan ganda, struktur bunga terlihat jelas dengan bagian-bagiannya, mengacu pada buku referensi (dicantumkan). Penampang memanjang mewakili bunga sempurna yang menunjukkan tabung buluh sari ketika pebuluhan.

70.

Carta, Perkembanganbiak Tumbuhan Vegetatif
Menunjukkan berbagai cara perkembangbiakan vegetatif alami dengan cara tunas, Rhizoma, geragih, tunas adventif, umbi batang.

71.

Carta, Hewan Tinggi Generatif (Vertebrata)
Menunjukkan oogenesis dan spermatogenesis, fertilisasi eksternal dan internal, tipe penetasan telur dan inkubasi telur (vivipar, ovipar, ovovivipar),

72.

Carta, Sistem Syaraf Manusia
Menunjukkan sistem saraf manusia, penampang membujur otak manusia medula spinalis, bagian-bagian sel syaraf, bentuk sel syaraf sensorik, motorik dan penghubung, mekanisme gerak refleks.

73.

Carta, Peredaran Darah Manusia
Menunjukkan contoh sel-sel darah manusia (sel darah merah, sel darah putih dan keping-keping darah), sistem peredaran darah besar dan kecil manusia. Diberi keterangan nama dari bagian-bagiannya.

74.

Carta, Pencernaan Manusia
Menunjukkan sistem pencernaan makanan manusia, penampang membujur kepala dan leher, kelenjar dan organ pendukung, penampang melintang usus halus menunjukan pembuluh lymph, pembuluh dan pembuluh darah.

75.

Carta, Sistem Ekskresi Manusia
Menunjukkan potongan membujur ginjal, dengan korteks, medula, nefron, badan malpighi (simpai/kapsul bowman dan glomerulus), tubulus.

76.

Carta, Sistem Pernafasan Manusia
Menunjukkan sistem pernafasan manusia bagian frontal. Dilengkapi bagian terkecil dari paru-paru (bronkiolus, alveolus). Proses ekspirasi dan inspirasi.

77.

Carta, Jaringan Tumbuhan
Menunjukkan struktur jaringan akar, batang dan daun monokotil dan dikotil.

78.

Carta, Macam-macam Penyerbukan
Menunjukkan beberapa penyerbukan (penyerbukan sendiri, tetangga, silang) dan beberapa contoh proses penyerbukan yang dibantu hewan.

79.

Carta, Otot Manusia
Menunjukkan otot polos, lurik dan jantung, secara khusus ditunjukan bagian-bagian dari otot lurik (perut, otot, berkas otot, serabut otot, dan tendon). Ditunjukan pula contoh otot trisep, bisep, fleksor, eksetensor, pronator.

80.

Carta, Alat Reproduksi Manusia
Menunjukkan penampang pinggul pria, dan wanita, testis dan ovarium dilengkapi dengan nama-nama bagiannya.

81.

Carta, Organisasi Kehidupan
Menunjukkan organisasi  dari tingkat sel hingga organisme.

82.

Carta, Metamorfosis
Menunjukkan metamorforsis sempurna dan tak sempurna.

83.

Carta, Tahapan Perkembangan Manusia
Menunjukkan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi hingga dewasa dengan ciri-cirinya.

84.

Carta, Alat Indra
Menunjukkan bagian-bagian dari mata, telinga, hidung, lidah dan kulit.

85.

Carta Sistem Priodik
Dicetak pada plastic atau kertas berlaminasi ukuran sekitar 1000 x 700 mm edisi terbaru, terisi 111 unsur.
Carta memperlihatkan symbol atom, nomor atom, masa atom relative, konfigurasi electron, energi ionisasi pertama, massa jenis, titik leleh atau titik didih untuk setiap unsur Pengelompokan unsure-unsur (logam, non logam, semi logam, gas, cair) dalam carta dibedakan warna.

86.

Kartu Binatang
Foto binatang khas geografis Indonesia dan dunia, hewan langka ukuran kartu 8 x 10 cm pada 4 sudut dibuat radius, dicetak pada kertas 300 gr dilapisi pernis. Jumlah kartu sebanyak 25 lembar masing-masing berisi 1 macam binatang dicetak separasi 4 warna. Dibaliknya ada nama ilmiah spesies dan nama umum, takson dan penjelasan habitat atau karasteristik jenis. Diberi nomor pada sudut kiri atas.

87.

Kartu Tumbuhan
Foto tumbuhan khas yang hidup pada ekosistem dan takson yang berbeda seperti contoh tumbuhan air dikotil-monokotil, tumbuhan padang pasir, dsb. Ukuran kartu 8 x 10 cm pada ujung dibuat radius, dicetak pada art karton 300 gr/m2 dilapisi pernis. Jumlah kartu sebanyak 25 lembar masing-masing berisi 1 macam tumbuhan dicetak separasi 4 warna. Dibaliknya ada nama ilmiah spesies dan nama umum, takson dan penjelasan habitat atau karasteristik jenis. Diberi nomor pada sudut kiri atas.

 

PERAGA BIOPLASTIK
Spesimen asli di blok dalam acrylic resin jernih sehingga tampak jelas, berbentuk balok persegi berukuran min 8 cm x 12 cm yang tebalnya 1 cm atau disesuaikan dengan ukuran spisimen.
Didalam blok, terdapat skala dan deskripsi singkat mengenai habitat atau karasteristik jenis, tanpa label nama spesies, diberi kode nomor, setiap set disertai dengan kunci determinasi atau deskripsi. Menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup dan takson, serta kunci determinasi dalam bentuk cetak

88.

KIT Bryophyta
Terdiri dari 3 blok masing-masing blok berisi 1-5 tumbuhan per spesies pada setiap blok harus terlihat bentuk individunya, ukuran tumbuhan 3 – 10 cm mewakili lumut daun atau lumut hati, ada buku deskripsi dan disertai kunci determinasi secara makroskopis, untuk menuntun menemukan genus, dalam satu kesatuan, tidak terpisah perspesies. Dikemas dalam satu kotak, diberi nama kit dan indentitas perusahaan

Tiga jenis lumut. Dapat dipilih dari :

  1. Marchantia sp, tallus dichotomy lengkap dengan athe/archegoniofor
  2. Polytricum sp. Atau Dicranum sp. Lengkap dengan sporofit
  3. Rhodobryum sp. Atau Hypnodendron sp. Dengan atau tanpa sporofit
  4. Fissiden sp. Atau Plagiochila sp. Dengan atau tanpa sporofit
  5. Leucobryum sp. Aau Campylopus sp. Dengan atau tanpa sporofit
  6. Bryum sp./Rhizogonium sp. Dengan sporofit
  7. Dumortiera sp. Tallus dichotomy dan athe/archegonium

 

89.

KIT Pteridophyta
Terdiri dari 3 blok masing-masing berisi 1 spesies, mewakili jenis paku homosfor, heterosfor dan  paku peralihan, lebih baik bila lengkap dengan sporangium atau strobilus Ukuran specimen 5 – 10 cm, Ada buku deskripsi dan dilengkapi dengan kunci determinasi penunjuk genus.dalam satu kesatuan, tidak persepesies Dikemas dalam satu kotak, diberi nama kit dan identitas perusahaan.

Tiga jenis tumbuhan paku. Dapat dipilih dari :

  1. Equisetum sp, lengkap akar, batang bercabang dan strobilus
  2. Selaginella sp, lengkap akar, batang bercabang dan strobilus
  3. Lycopodium sp. lengkap akar, batang bercabang dan strobilus
  4. Hymenopillum sp. lengkap akar, batang bercabang dan strobilus
  5. Drymoglossum sp. lengkap akar, batang bercabang dan strobilus
  6. Salvinia sp/Marsilea sp. lengkap akar, batang bercabang dan strobilus
  7. Adiantum sp. lengkap akar, batang bercabang dan strobilus

 

90.

Buku Panduan Penggunaan Alat Biologi
Berisi seluruh aktivitas penggunaan peralatan biologi lengkap dengan petunjuk praktikum dilengkapi tujuan, langkah kerja, dan alat evaluasi. Aktivitas penggunaan alat berisi 44 aktifitas. Buku dicetak pada kertas isi HVS 70 gr, kertas sampul art paper 120 gr ukuran A4. Pada sampul halaman belakang tertulis identitas Perusahaan nama, alamat, nomor telepon.

 

Utama | Tentang Kami | Distributor Login | Hubungi
Copyright © PeragaPendidikan.Com 2013.